RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas/Semester : XII / 1
Waktu :10 x 45 menit (5 kali pertemuan)
Materi : Gelombang Elektromagnetik
Metoda : Eksperimen / Demonstrasi
Standar Kompetensi:
Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dan optika dalam menyelesaikan masalah.
Kompetensi dasar
7.2 Melakukan kajian imiah untuk mengenali gejala dan ciri-ciri gelombang elektromagnetik serta penerapannya.
Indikator Wajib
- Mencari dan menelusuri literatur tentang gelombang elektromagnetik
- Mengelompokan berbagai gelombang ektromagnetik dalam spektrum
- Menjelaskan karakteristik khusus masing-masing gelombang elektromagnetik di dalam spetrum tersebut
- Menjelaskan contoh dan penerapan masing-masing gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari
- Memformulasikan gejala polarisasi gelombang elektromagneti
- Menjelaskan proses-proses yang dapat menyebabkan polarisasi gelombang
Pendahuluan
Motivasi
Untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran Gelombang elektromagnetik, guru menunjukkan gambar perambatan gelombang elektromagnetik pada layar, sambil bertanya : Gambar apa ini ? dan minta pendapat beberapa siswa tentang gambar peristiwa yang ditayangkan.
Rambu-rambu belajar
Belajar menggunakan animasi gerak dalam komputer, sebagai Laboratorium virtual
Materi pembelajaran
§ Persamaan gelombang elektromagnetik
§ Difraksi cahaya
§ Interferensi cahaya
§ Polarisasi cahaya
§ Efek Doppler pada gelombang elektromagnetik
Tujuan Pembelajaran (Indikator Pencapaian)
Pertemuan I
Siswa mampu:
v Menidntifikasikan gelombang elektromagnetik
v Mengelompokkan dan menyusun gelombang elektromagnetik berdasrkan frekwensinya.
v Mengamati peristiwa gelombang elektroagnetik dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan II
Siswa mampu:
v Menuliskan rumus rapat energi gelombang elektromagnetik
v Menuliskan rumus Intensitas gelombang elektromagnetik
v Menuliskan rumus hubungan rapat energi dengan Intensitas gelombang elektromagnetik
Pertemuan ke III
Siswa mampu:
v Memahami proses terjadinya Difraksi cahaya (celah tunggal)
v Memahami Analisa kuantitatif difraksi celah tunggal menurut prisip Huygens.
v Memahami rumus untuk menentukan jarak, lebar dan panjang gelombang cahaya dengan difraksi elah tunggal (gelombang elektromagnetik) dalam persoala-persoaan sederhan.
Pertemuan IV
Siwa mampu:
v Mengidentifikasikan perisriwa interfensi cahaya pada gelombang elektromagnetik
v Memahami langkah atau cara untuk menghasilkan pasangan sumber cahaya yang
koheren yang menghasilkan pola interferensi.
v Mendemontrasikan percobaan interfensi cahaya oleh Fresnel
v Menggunakan rumus-rumus untuk menentukan jarak antara celah dan rumus untuk menentukan panjang gelombang.
Pertemuan v
Siswa mampu
v Memformulasikan gejala polarisasi Gelombang elektromagnetik
v Menjelaskan proses-proses yang dapat menyebabkan polarisasi gelombang
v Memahami dan menerapkan rumus-rumus efek Doppler pada gelombang elektromagnetik.
Strategi Pembelajaran
§ Pendekatan : CLT
§ Metode : Diskusi, tanya jawab, demontrasi
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
(Rincian Setiap Kegiatan Pembelajaran siswa )
No. | Kegiatan Pembelajaran siswa | Tahapan waktu untuk setiap kegiatan pembelajaran (menit) |
I | Pendahuluan Motivasi : Untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran Gelombang elektromagnetik, guru menunjukkan gambar perambatan gelombang elektromagnetik pada layar, sambil bertanya : Gambar apa ini ? dan minta pendapat beberapa siswa tentang gambar peristiwa yang ditayangkan. Prasyarat Pengetahuan : Gelombang Berjalan Rambu-rambu belajar : Belajar menggunakan animasi gerak dalam komputer, sebagai Laboratorium virtual. | 10 |
II | Kegiatan Inti : Sasaran ICT a. Siswa melakukan percobaan virtual sesuai petunjuk pada komputer. b. Mengisi data pada LKS Gelombang Mekanik yang disediakan pada mikrosoft Word/Lembaran kerja siswa Diskusi a. Siswa mendiskusikan tentang gelombang elektromagnetik b. Menyusun jenis-jenis gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensinya c. Mendiskusikan tentang karakteristik gelombang elektromagnetik d. Mencari contoh-contoh gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari. e. Mendiskusikan terjadinya polarisasi gelombang f. Menyebutkan contoh peristiwa polarisasi dalam kehidupan sehari-hari Penutup Uji kompetensi secara langsung menggunakan media komputer interaktif | 30 30 20 |
III | Tugas Mandiri Melalui internet siswa mencari dan mengelompokan jenis dan karakter gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari. | disesuaikan |
Sumber Belajar
v E_dukasi.net
v FISIKAuntuk SMA kelas XII semster I jilid 3A karagan MARTEIN KANGINAN Kurikulum 2004 penerbit ERLANGGA.
v Olimpiade Fisika untuk SMA kelas 1 caturwulan kedua disusun oleh Yohanes Surya, M.Sc.,Ph.D. Edisi pertama 1996.
v (http://faraday.physics.utoronto.ca/PVB/Harrison/Flash/ClassMechanics/Doppler/DopplerEffect.html dan (http://www.phy.ntnu.edu.tw/java/Doppler/Doppler.html
Penilaian
v Jenis tagihan
- Uraian bebas
- Pilihan ganda
- Tugas individu
v Bentuk instrumen
- Tes uraian
- Pilihan ganda
Contoh Instrumen
1. Jelaskan pengertian dari gelombang elektromagnetik
2. Tuliskan rumus-rumus esensial untuk gelombang elektromagnetik
3. Suatu gelombang bidang elektromagnetik sinusoidal dengan panjang gelombang 4,0m berjalan diangkasa dalam arah X. Pada berbagai titik dan berbagai waktu kuat medan magnetik B memiliki nilai maksimum 1,50 x 10 -6 Tesla
a) Tentukan frekwensi gelombang
b) Hitunglah besar dan arah kuat medan listrik E ketika B= 1,50 x10 -6 Kilo tesla
4. Celah tunggal selebar 0,12 mm disinri cahaya monokromatik dan pada layar sejauh 2,0 m dapat dimati berbagai terang dan gelap hasil difraksi. Jika jarak antara pita gelap kedua dan pita terang pusat 15 mm, berapa panjang gelombang cahaya itu?.
5. Jelaskan cara untuk menghasilkan pasangan sumber cahaya yang koherenyang dapat menghasilkan pola interferensi.
6. Cahaya suatu sumber melalui dua celah sempit yang terpisah 0,10 mm. Jika jarak antara dua celah sempit terhadap layar 100 cm dan jarak antara pita gelap pertama dengan pita terang pertama adalah 2,95 mm, berapa panjang gelombang yang digunakan (dalam satuan angstom).
7. Berkas cahaya biru didatangkan tegak lurus pada kisi difraks yang menpunyai 6000 goresan per cm. Jika sinar yang menghasilkan interferensi maksimum tingkat kedua membentuk sudu 300, berapakah panjang gelombang sinar biru tersebut?
8. Jelaskan bagaimana cara untuk membedakan cahaya tak terpolarisasi dengan cahaya terpolarisasi.
9. Jelaskan mengapa warna langit yang dilihat oleh orang di buimi tampaknya biru?
Mengetahui Aceh besar , 5 Januari 2008
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Dra. Hj. Aminah D Nurwani, S.Pd
Nip.131426150 Nip. 132183918
Tidak ada komentar:
Posting Komentar