Selasa, 05 Mei 2009

RPP Gelombang Elektromagnetik

RENCANA PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : FISIKA

Kelas/Semester : XII / 1

Waktu :10 x 45 menit (5 kali pertemuan)

Materi : Gelombang Elektromagnetik

Metoda : Eksperimen / Demonstrasi

Standar Kompetensi:

Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dan optika dalam menyelesaikan masalah.

Kompetensi dasar

7.2 Melakukan kajian imiah untuk mengenali gejala dan ciri-ciri gelombang elektromagnetik serta penerapannya.

Indikator Wajib

- Mencari dan menelusuri literatur tentang gelombang elektromagnetik

- Mengelompokan berbagai gelombang ektromagnetik dalam spektrum

- Menjelaskan karakteristik khusus masing-masing gelombang elektromagnetik di dalam spetrum tersebut

- Menjelaskan contoh dan penerapan masing-masing gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari

- Memformulasikan gejala polarisasi gelombang elektromagneti

- Menjelaskan proses-proses yang dapat menyebabkan polarisasi gelombang

Pendahuluan

Motivasi

Untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran Gelombang elektromagnetik, guru menunjukkan gambar perambatan gelombang elektromagnetik pada layar, sambil bertanya : Gambar apa ini ? dan minta pendapat beberapa siswa tentang gambar peristiwa yang ditayangkan.

Rambu-rambu belajar

Belajar menggunakan animasi gerak dalam komputer, sebagai Laboratorium virtual

Materi pembelajaran

§ Persamaan gelombang elektromagnetik

§ Difraksi cahaya

§ Interferensi cahaya

§ Polarisasi cahaya

§ Efek Doppler pada gelombang elektromagnetik

Tujuan Pembelajaran (Indikator Pencapaian)

Pertemuan I

Siswa mampu:

v Menidntifikasikan gelombang elektromagnetik

v Mengelompokkan dan menyusun gelombang elektromagnetik berdasrkan frekwensinya.

v Mengamati peristiwa gelombang elektroagnetik dalam kehidupan sehari-hari

Pertemuan II

Siswa mampu:

v Menuliskan rumus rapat energi gelombang elektromagnetik

v Menuliskan rumus Intensitas gelombang elektromagnetik

v Menuliskan rumus hubungan rapat energi dengan Intensitas gelombang elektromagnetik

Pertemuan ke III

Siswa mampu:

v Memahami proses terjadinya Difraksi cahaya (celah tunggal)

v Memahami Analisa kuantitatif difraksi celah tunggal menurut prisip Huygens.

v Memahami rumus untuk menentukan jarak, lebar dan panjang gelombang cahaya dengan difraksi elah tunggal (gelombang elektromagnetik) dalam persoala-persoaan sederhan.

Pertemuan IV

Siwa mampu:

v Mengidentifikasikan perisriwa interfensi cahaya pada gelombang elektromagnetik

v Memahami langkah atau cara untuk menghasilkan pasangan sumber cahaya yang

koheren yang menghasilkan pola interferensi.

v Mendemontrasikan percobaan interfensi cahaya oleh Fresnel

v Menggunakan rumus-rumus untuk menentukan jarak antara celah dan rumus untuk menentukan panjang gelombang.

Pertemuan v

Siswa mampu

v Memformulasikan gejala polarisasi Gelombang elektromagnetik

v Menjelaskan proses-proses yang dapat menyebabkan polarisasi gelombang

v Memahami dan menerapkan rumus-rumus efek Doppler pada gelombang elektromagnetik.

Strategi Pembelajaran

§ Pendekatan : CLT

§ Metode : Diskusi, tanya jawab, demontrasi

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

(Rincian Setiap Kegiatan Pembelajaran siswa )

No.

Kegiatan Pembelajaran siswa

Tahapan waktu untuk setiap kegiatan pembelajaran (menit)

I

Pendahuluan

Motivasi :

Untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran Gelombang elektromagnetik, guru menunjukkan gambar perambatan gelombang elektromagnetik pada layar, sambil bertanya : Gambar apa ini ? dan minta pendapat beberapa siswa tentang gambar peristiwa yang ditayangkan.

Prasyarat Pengetahuan :

Gelombang Berjalan

Rambu-rambu belajar :

Belajar menggunakan animasi gerak dalam komputer, sebagai Laboratorium virtual.

10

II

Kegiatan Inti : Sasaran ICT

a. Siswa melakukan percobaan virtual sesuai petunjuk pada komputer.

b. Mengisi data pada LKS Gelombang Mekanik yang disediakan pada mikrosoft Word/Lembaran kerja siswa

Diskusi

a. Siswa mendiskusikan tentang gelombang elektromagnetik

b. Menyusun jenis-jenis gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensinya

c. Mendiskusikan tentang karakteristik gelombang elektromagnetik

d. Mencari contoh-contoh gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari.

e. Mendiskusikan terjadinya polarisasi gelombang

f. Menyebutkan contoh peristiwa polarisasi dalam kehidupan sehari-hari

Penutup

Uji kompetensi secara langsung menggunakan media komputer interaktif

30

30

20

III

Tugas Mandiri

Melalui internet siswa mencari dan mengelompokan jenis dan karakter gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari.

disesuaikan

Sumber Belajar

v E_dukasi.net

v FISIKAuntuk SMA kelas XII semster I jilid 3A karagan MARTEIN KANGINAN Kurikulum 2004 penerbit ERLANGGA.

v Olimpiade Fisika untuk SMA kelas 1 caturwulan kedua disusun oleh Yohanes Surya, M.Sc.,Ph.D. Edisi pertama 1996.

v (http://faraday.physics.utoronto.ca/PVB/Harrison/Flash/ClassMechanics/Doppler/DopplerEffect.html dan (http://www.phy.ntnu.edu.tw/java/Doppler/Doppler.html

Penilaian

v Jenis tagihan

- Uraian bebas

- Pilihan ganda

- Tugas individu

v Bentuk instrumen

- Tes uraian

- Pilihan ganda

Contoh Instrumen

1. Jelaskan pengertian dari gelombang elektromagnetik

2. Tuliskan rumus-rumus esensial untuk gelombang elektromagnetik

3. Suatu gelombang bidang elektromagnetik sinusoidal dengan panjang gelombang 4,0m berjalan diangkasa dalam arah X. Pada berbagai titik dan berbagai waktu kuat medan magnetik B memiliki nilai maksimum 1,50 x 10 -6 Tesla

a) Tentukan frekwensi gelombang

b) Hitunglah besar dan arah kuat medan listrik E ketika B= 1,50 x10 -6 Kilo tesla

4. Celah tunggal selebar 0,12 mm disinri cahaya monokromatik dan pada layar sejauh 2,0 m dapat dimati berbagai terang dan gelap hasil difraksi. Jika jarak antara pita gelap kedua dan pita terang pusat 15 mm, berapa panjang gelombang cahaya itu?.

5. Jelaskan cara untuk menghasilkan pasangan sumber cahaya yang koherenyang dapat menghasilkan pola interferensi.

6. Cahaya suatu sumber melalui dua celah sempit yang terpisah 0,10 mm. Jika jarak antara dua celah sempit terhadap layar 100 cm dan jarak antara pita gelap pertama dengan pita terang pertama adalah 2,95 mm, berapa panjang gelombang yang digunakan (dalam satuan angstom).

7. Berkas cahaya biru didatangkan tegak lurus pada kisi difraks yang menpunyai 6000 goresan per cm. Jika sinar yang menghasilkan interferensi maksimum tingkat kedua membentuk sudu 300, berapakah panjang gelombang sinar biru tersebut?

8. Jelaskan bagaimana cara untuk membedakan cahaya tak terpolarisasi dengan cahaya terpolarisasi.

9. Jelaskan mengapa warna langit yang dilihat oleh orang di buimi tampaknya biru?

Mengetahui Aceh besar , 5 Januari 2008

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

Dra. Hj. Aminah D Nurwani, S.Pd

Nip.131426150 Nip. 132183918

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar